Berlibur ke luar negeri seolah menjadi impian untuk banyak orang. Tak sedikit yang merencanakan dengan baik bagaimana waktu liburannya dihabiskan di luar negeri. Sayangnya memang membutuhkan persiapan yang lebih mendetil seperti berapa tiket pesawat yang dibutuhkan, kapan jadwal penerbangan yang cocok dengan waktu libur kita hingga bagaimana kondisi cuaca saat penerbangan dilakukan. Meski sepele tetapi hal seperti ini harus diperhatikan dengan baik. Bicara soal liburan ke luar negeri, kamu bisa mengunjungi Singapore yang terkenal dengan Merlionnya itu, lho!

Singapore memang bukan negara yang terlalu jauh dari Indonesia. Tetapi tetap saja butuh persiapan matang. Terutama kalau kamu ingin pergi seorang diri atau menjadi solo backpacker, pastikan tahu betul mana saja destinasi wisata yang akan kamu kunjungi, ya! Nah, omong-omong soal Singapore ternyata ada fakta menarik dibalik patung Merlion yang terkenal itu.

Fakta Unik Seputar Merlion

1. Lebih Tua dari Singapore

Fakta unik yang pertama ini cukup mencengangkan. Sebab tak banyak orang yang tahu bahwa Merlion ternyata lebih tua dari Singapore. Usia Merlion ini satu tahun lebih tua dari Singapre. Simbol ini memang dirancang di tahun 1963 yang kemudian dirilis secara resmi sebagai logo Singapore Tourism Board di tahun 1964.

Sementara dari Singapore sendiri memang baru menjadi negara yang merdeka di tahun 1965. Tentu dari tahun tersebut diketahui bahwa patung Merlion ini lebih tua dibandingkan dengan usia negara Singapore itu sendiri. Unik, ya?

2. Makna dan Tujuan Pembuatan Merlion

Fakta berikutnya juga tak kalah menarik. Banyak orang yang belum sadar bahwa patung Merlion memiliki makna tersendiri. Dengan patung yang berbentuk tubuh ikan duyung pada Merlion sendiri melambangkan asal Singapore di masa lalu. Terutama jika mereka menyelami bagaimana kisah masa lalu dari Singapore tentu tak akan asing.

Tubuh ikan dayung yang ada pada patung Merlion ini melambangkan asal Singapore di masa lalu yang merupakan sebuah desa nelayan. Tujuan dengan pembuatan bentuk ini adalah menyambut semua pengunjung yang datang ke Singapore. Simpel dan sarat makna, ya?

3. Pernah Disambar Petir

Siapa yang mengira bahwa patung Merlion ini ternyata pernah disambar petir. Taman Merlion Singapore sendiri pernah mengalami badai petir dan kilat yang menyambar patung disana. Kerusakannya bahkan cukup parah karena beberapa bagian patung sendiri jatuh. Saat kejadian tersebut hampir menimpa sekelompok wisatawan yang ada disana.

Namun syukurnya adalah tak sampai ada yang terluka ketika kejadian tersebut berlangsung. Persitiwa Merlion yang disambar petir ini tentu dicatat sejarah. Menjadi salah satu fakta unik yang tak banyak orang tahu, bukan?

4. Tertinggi di Singapore

Ada satu hal yang juga harus diketahui bahwa patung Merlion ini tidak hanya ada satu. Tetapi ada beberapa lokasi yang memajang patung tersebut. Diantara semua patung, yang tertinggi berada di Mount Fiber atau Bukit Fiber. Tingginya sekitar 3 meter dan ada di Fiber Point atau titik tertinggi Munt Fiber.

Merlion tertinggi di Singapore ini menjadi salah satu kebanggaan oleh masyarakat sekitar. Tentu karena sudah menjadi ikon dan ciri khas dari Singapore. Hampir semua wisatawan yang datang ke Singapore akan berfoto dengan latar patung Merlion yang khas itu.

5. Terbesar di Singapore

Ternyata selain menjadi yang tertinggi, Merlion ini juga ada yang terbesar dan terletak di Sentosa. Ukurannya bisa mencapai sekitar 37 meter. Pengunjung bisa memasuki badan patung ini. Tidak hanya menjadi yang terbesar tetapi daya tariknya adalah pengunjung bisa begitu puas untuk berfoto dengan memasuki badan patung ini.

6. Gigi Merlion

Tak ada simbol yang tanpa makna. Begitu juga dengan Merlion yang memiliki salah satu bagian yakni gigi. Setiap gigi dari Merlion ini mewakili satu kelompok etnis yang ada di Singapore. Sehingga jika ingin tahu ada berapa etnis di negara tersebut, menghitung gigi Merlion bisa jadi salah satu cara untuk mengetahui jumlahnya.

7. Muncul di Anime

Fakta unik lainnya adalah Merlion pernah muncul di anime. Kalau mengingat anime, ini memang merupakan bentuk budaya Jepang tetapi ternyata ada beberapa anime yang berlandaskan Merlion di dalam film-film anime Jepang. Bahkan sebagian diantaranya adalah Cowboy Behop, Hajime Sato, Seitokai no Ichizon dan masih banyak lagi.

8. Biaya Pembuatan Merlion

Pernah menebak berapa biaya pembuatan Merlion ini? Patung Merlion ini memang tak murah jika dilihat dari jumlahnya. Tetapi tentu murah jika kita melihat apa yang disimbol dan dilambangkannya. Singapore sendiri menghabiskan jutaan dollar untuk bisa membangun patung-patung Merlion.

Dalam membangun patung-patung Merlion, butuh biaya jutaan dollar. Biaya demi pembangunan Merlion asli di Taman Merlion adalah sekitar $165.000. Sementara untuk relokasi dan perluasan Taman Merlion sendiri menghabiskan biaya sekitar $7.5 juta. Untuk biaya paling besar yang dibutuhkan adalah sekitar $8 M demi mendirikan patung Merlion setinggi 36 meter di Sentosa.

9. Perancang Merlion

Pernahkah kamu begitu penasaran siapa yang merancang patung Merlion ini? Ternyata makhluk imajiner dengan tubuh ikan dan kepala singa ini dirancang oleh Alec Frederick Fraser Brunner. Ia merupakan ahli Ichtylogy atau ilmu tentang ikan yang berkebangsaan Inggris.

10. Dimiliki Oleh Seseorang

Patung Merlion yang begitu khas Singapore ini teranya merupakan milik dari seseorang. Seolah seperti hewan peliharaan yang memiliki tuan atau pemilik, Merlion pun begitu. Hanya saja pemilik dari patung ini adalah Singapore Tourist Board. Jelas, bukan?

11. Asal Mula Patung Merlion

Asal mula patung Merlion ini ternyata juga tak banyak yang mengetahui. Menurut kampanye publikasi Badan Pariwisata Singapore, makhluk dengan kepala singa dan tubuh ikan ini ternyata mengingatkan akan kisah Sang Nila Utama. Kisah legendaris ini memang bermula ketika Sang Nila Utama melihat seekor singa saat berburu di sebuah pulau dalam perjalanannya ke Malaka. Pulau tersebut belakangan memang dikenal sebagai pelabuhan Temasek yang akhirnya menjadi Singapore.

Setiap negara memang memiliki ciri khas atau bahkan disebut dengan ikon. Indonesia memiliki Bali sebagai ikon wisata terpopuler. Memiliki Jakarta sebagai ibukota yang begitu padat dan memiliki banyak tempat wisata menarik lainnya. Begitu juga dengan Singapore yang memiliki patung Merlion sebagai ikon negara tersebut.

Selain dengan budget, tentu kesehatan juga tak boleh terlewat untuk diperhatikan. Pastikan bahwa kamu memiliki stamina yang bagus untuk melakukan perjalanan ke Singapore. Melihat bagaimana banyaknya tempat wisata disana tentu membuat siapa saja betah untuk berlibur. Singapore memang menawarkan keindahan tersendiri termasuk dari patung Merlion yang seolah menjadi ciri khas.

Dari banyaknya fakta menarik ini, kamu tentu bisa melihat sisi lain dari adanya patung Merlion. Mulai dari sejarahnya hingga peristiwa disambarnya petir beberapa tahun yang lalu. Tak banyak yang tahu bahwa Merlion menyimpan makna tersendiri termasuk dari jumlah giginya yang menunjukkan jumlah etnis disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Langsung via WhatsApp!