Salah satu yang sering terbayang tentang Jepang adalah bagaimana kedisplinan setiap masyarakat disana. Banyak informasi yang menyebutkan bahwa warga Jepang memang menjunjung tinggi kedisiplinan dalam keseharian mereka. Juga dengan gaya hidup yang sehat seperti menggunakan bahan-bahan alami untuk kecantikan para wanita disana. Tak heran jika setiap wanita di Jepang memiliki wajah yang putih bersih dan bahan-bahan kosmetik juga seringkali mengambil contoh dari rahasia kecantikan di Jepang. Tetapi, kali ini kita bukanlah membahas soal paras dan rupa. Jepang memiliki daya tarik besar dari Tokyo dan Kyoto.

Jika dilihat, Tokyo dan Kyoto merupakan dua kata yang unik. Kata tersebut seolah hanya dibolak-balik saja hurufnya. Tetapi lebih dari itu, ada yang lebih unik lagi. Tokyo dan Kyooto di Jepang ini menjadi destinasi wisata yang menyimpan banyak keindahan serta dikenal sebagai tempat populer untuk berlibur. Mau tahu apa saja yang bisa kamu dapatkan dari dua tempat ini? Yuk, cek ulasan berikut!

Tokyo dan Kyoto? Destinasi Wisata Populer di Jepang

1. Kyoto Memiliki Banyak Peninggalan Sejarah

Keunikan yang pertama adalah dari Kyoto yang disebut memiliki banyak peninggalan sejarah. Banyak kota di Jepang yang menjadi sasaran serangan udara di masa Perang Dunia II. Hal ini mengakibatkan banyak bangunan bersejarah dan kuil yang hancur rata di permukaan bumi. Tak heran jika memang banyak kuil dan juga bangunan bersejarah yang masih terlihat keren di berbagai kota yang ada di Jepang meski memang hasil dari rekonstruksi dari bangunan sebelumnya. Kyoto merupakan kota yang reatif aman dari serangan udara dimana hal ini membuat bangunan tetap berdiri dan terjaga keasliannya. Tentu bangunan ini tetaplah mendapat renovasi tetapi tidak menghilangkan nilai sejarah dibaliknya.

2. Ada 17 Situs Warisan Dunia

Jika kamu ingin maik ke objek wisata yang ada di Kyoto, tak perlu khawatir. Sebab disana memiliki banyak situs warisan dunia. Apalagi Unesco sendiri juga menyatakan bahwa di Kyoto ini memiliki keistimewaan khusus secara fisik atau budaya yang dilestarikan untuk generasi mendatang. Tidak hanya satu atau dua, tetapi jumlah dari warisan dunia ini adalah 17 warisan. Dari jumlah tersebut diketahui ada 13 kuil Buddha, 3 kuil Shinto dan 1 kastil.

Ada juga beraneka ragam bangunan yang di dalamnya sudah diakui oleh pemerintah Jepang sebagai National Treasures, Important Cultural Properties dan Places of Scenic Beauty. Tentu berlibur ke Kyoto seolah mendapat paket lengkap dalam melihat keindahan disana. Keren, bukan?

3. Landscape Cantik

Umumnya memang wisatawan sudah banyak yang tahu bahwa Kyoto memiliki kuil yang cantik dan keren. Tetapi tidak semua wisatawan tahu bahwa Kyoto memiliki pemandangan alam yang bisa membuat hati jadi berbunga-bunga. Kamu bisa naik kereta wisata Sagano Romantic Train atau perahu wisata Hozugawa River Boat. Kamu bisa menikmati pemandangan indah di sekitar lembah pegunungan yang ada di Arashiyama. Kamu juga bisa datang ke daerah suburban Kyoto seperti misalnya Ohara, Kurama dan juga Kibune. Melihat pemandangan disana akan membuatmu makin jatuh cinta.

4. Lahirnya Geisha

Kyoto ternyata menjadi tempat lahirnya Geisha. Sosok seniman penghibur dari Jepang ini memang makin dikenal luas sejak munculnya novel dan juga film Memoirs of Geisha yang populer. Bahkan sampai saat ini, distrik Geisha masih bisa kamu temukan di Kyoto yang mana bisa melihat Gesha asli. Ada di berbagai hanamachi di Kyoto dan jika memang waktunya tepat, kamu bisa melihat sosok geisha dan mako yang berangkat ke tempat kerja lengkap dengan para wisatawan yang mengabadikan sosok mereka.

5. Tempat Makan Sushi Terlezat

Kalau kamu juga ingin berlibur dengan kuliner sushi, maka kali ini kita beralih ke Tokyo. Sebab, Tokyo ternyata menjadi tempat makan sushi terlezat yang mana memang sudah begitu populer. Meski di Indonesia memang juga sudah terkenal akan kelezatannya tetapi untuk para pecinta kuliner yang suka makan makanan Jepang terutama sushi sepertinya memang wajib untuk datang ke Tokyo. Makan sushi langsung di Tokyo tentu sangat menyenangkan.

6. Aturan Merokok

Hal yang juga paling banyak disukai orang terhadap Jepang ialah karena budaya penduduknya yang bagus. Bagaimana tidak? Ada satu aturan yang unik dan dirasa berdampak baik. Penduduk Jepang sangat taat akan aturan. Orang yang merokok harus ada di dalam ruangan. Perokok tidak boleh merokok di jalanan dan sebaliknya. Orang yang minum minuman seperti pelanggan kafe meminumnya di luar ruangan agar bisa membuang sampah langsung di tempat yang telah disediakan. Hal ini tak lain ditujukan untuk bisa menjaga keindahan lingkungan kota dari asap rokok yang tak baik.

7. Ada Banyak Kuil

Salah satu yang juga unik tentang Tokyo adalah ada banyak kuil disana. Bahkan hampir di setiap kota ada kuil terutama di Tokyo. Kota yang dianggap sebagai kota tidak pernah tidur ini memang memiliki banyak kuil dan ramai dengan aktivitas warga. Meski ramai ternyata mereka yang mengaku pernah datang ke Tokyo ini justru merasa tenang. Menarik, bukan?

8. Berjalan di Sebelah Kiri

Tokyo merupakan salah satu kota metropolitan yang terbilang sibuk di dunia. Ada satu hal yang begitu unik yang bisa kamu lihat. Semua orang disana patuh terhadap peraturan yang tertulis atau tidak. Misalnya saja seperti mereka benar-benar berjalan di sebelah kiri. Mereka juga tidak akan menyeberang sebelum lampu lalu lintas nantinya menyalakan lampu hijau untuk para pejalan kaki. Bahkan meski tidak tertulis, semua warga tentu mematuhi peraturan tersebut.

9. Satu Kartu untuk Semua

Apa maksud dari satu kartu untuk semua? Ternyata memang di Jepang ini ada 3 jaringan kereta api. Agar bisa memudahkan, perusahaan kereta api disana menyediakan satu kartu yang bisa kamu gunakan untuk semua jenis kereta. Kartu ini disebut sebagai Suica, Pasmo dan juga IC Card. Dengan kartu ini, kamu bisa tertolong karena tidak lagi membeli karcis sendiri. Tetapi sebelumnya harus membayar deposit sebesar 500 yen atau sekitar Rp. 56.000 untuk bisa mendapatkan kartu berlangganan.

10. Kata Selamat Datang

Jika di Kyoto kamu bisa melihat keindahan alam yang tersaji maka di Tokyo lebih ke sikap para penduduk disana. Mereka akan sering mengucapkan selamat datang ketika kamu masuk di sebuah toko. Tentu menggunakan bahasa Jepang yakni Irasshaimase. Biasanya seluruh pelayan di toko ini akan mengucapkan dengan suara yang cukup lantang begitu melihat calon pembeli masuk toko. Kebiasaan ini tentu mengingatkan kita ketika masuk di swalayan, ya?

Dari banyaknya keunikan yang dimiliki oleh Tokyo dan Kyoto ini tentu saja mengingatkan kita untuk menghabiskan banyak waktu disana. Rencanakan dengan baik bagaimana waktu yang pas agar bisa berlibur dengan tenang. Jepang memang menawarkan keindahan tersendiri sebagai negara dengan budaya dan adat yang masih begitu terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Langsung via WhatsApp!