Setiap negara memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya sistem pemerintahannya saja tetapi berbeda juga dengan adat, budaya, bahasa hingga kondisi geografis yang ada di negara tersebut. Bicara soal letak geografisnya, ternyata hal ini juga berpengaruh pada keindahan alam yang ditawarkan, lho! Seperti Indonesia yang memiliki banyak gunung berapi, kondisi bawah laut yang luar biasa indah dan masih banyak lagi. Namun kali ini kita tak akan bicara tentang keindahan Indonesia yang tak ada habisnya, saatnya untuk juga mengeksplor Singapore.

Negara tetangga ini menyimpan keindahan yang juga bisa kamu lihat. Liburan di Singapore seolah sudah menjadi agenda yang rutin dilakukan para artis. Selain karena jaraknya yang terlalu jauh dari Indonesia, Singapore juga memiliki tempat-tempat wisata yang indah. Salah satunya adalah Singapore Botanic Gardens. Kalau kamu ingin melakukan persiapan sebelum berangkat ke Singapore, simak ulasan berikut, ya!

Berlibur ke Singapore Botanic Gardens

Kalau kamu bertanya dengan warga Singapore, mereka tentu tak akan asing dengan sebutan Singapore Botanic Gardens. Lahan ini berada di pusat kota yang dirasa cocok untuk kegiatan santai dan melepas stress. Terutama ketika pada hari libur kamu ingin jogging yang bisa menyegarkan pikiran dan piknik santai bersama keluarga, teman atau sekadar membawa hewan peliharaan. Ada lebih dari 60.000 tanaman yang mempesona dan menghampar di tempat tersebut. Untuk bisa membayangkan bagaimana kondisi taman ini, yuk cek ulasan berikut!

1. Mengetahui Beberapa Jenis VIP

Tahukah kamu bahwa di tahun 2016, taman tertua di Singapore ini ternyata menambah deretan penghargaan menjadi situs warisan dunia UNESCO pertama di negara tersebut. Salah satu alasannya adalah karena kamu bisa melihat dan menghabiskan waktu dengan VIP atau Very Important Plants. Nantinya di National orchid Garden ini kamu bisa melihat Vanda William Catherine dan juga Paravanda Nelson Mandela. Dua anggrek ini memang unik tak lain karena Singapore seolah memiliki tradisi lama untuk menamakan anggrek dengan nama tokoh terkemuka dan juga selebriti yang berkunjung serta memiliki kontribusi kepada masyarakat.

Bahkan Hall of Fame ini juga unik karena memiliki satu-satunya jenis anggrek yang dinamai dengan nama Duke serta Duchess Cambridge, William dan Catherine dan tamu spesial seperti Nelson Mandela. Ada banyak selebriti juga yang bertandang. Lebih dari 200 anggrek VIP yang dipamerkan dan kamu bisa menemukan banyak nama yang kamu kenali disana.

2. Awal Mula Terjadinya Ledakan Komoditas Karet di Asia Tenggara

Rasanya tidak akan berlebihan jika Asia Tenggara menjadi sangat berbeda tanpa adanya Singapore Botanic Gardens ini. Dulu, di tahun 1877 ada bibit karet yang dibawa ke Singapore dari Kew Gardens di London dan juga tanaman tersebut dibudidayakan di taman ini. Sementara teknik penanaman karet secara berkelanjutan ini memang dikembangkan disana di tahun 1880 hingga 1890an. Hal ini menyebabkan adanya ledakan produksi karet di sepanjang Semenanjung Melayu.

Dari sinilah disebut bahwa taman ini menyediakan lebih dari 7 juta bibit karet untuk kawasan sekitarnya di tahun 1917an. Hal ini akhirnya mendatangkan kemakmuran ekonomi yang ada di wilayah Asia Tenggara. Pasokan karet ini juga memunculkan perkembangan yang belum pernah terjadi dalam berbagai industri modern terutama yang membutuhkan karet sebagai bahan baku.

3. Ada Nuansa Inggris

Kamu tak akan menyesal berkunjung ke Singapore Botanic Gardens karena suasananya memang berbeda. Taman ini merupakan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara yang ditata degan gaya Inggris. Memiliki permukaan tanah yang lembut, jalanan berkelok hingga penyebaran tanaman secara alami. dibangun di tahun 1859 yang mana perancangnya adalah Lawrence Niven dimana karyanya memang mencerminkan pengaruh gaya taman rekreasi milik taman dan kebun yang ada di Inggris.

Penataan ini yang juga bertahan selama bertahun-tahun dengan kondisi yang sebagian besar masih tak tersentuh atau utuh. Ada banyak bangunan bersejarah termasuk Burkill Hall, Ridley Hall hingga Holttum Hall. Kamu bisa mengunjungi Burkill Hall ini yang dipercaya sebagai satu-satunya rumah dengan gaya Anglo-Melayu yang diketahui masih bertahan di Asia Tenggara.

4. Konser Gratis

Bisa membayangkan bagaimana waktu santai kamu nikmati dengan adanya konser gratis? Tentu hal ini menjadi sesuatu yang sangat berkesan ketika menikmati konser musik klasik dengan tanaman hijau alami dan lebat. Itu sebabnya kenapa Singapore Simphony Orchestra ini mengadakan konser gratis secara berkala di Gardens untuk semua pengunjung. Mereka memainkan sejumlah musik klasik yang akrab di telinga masyarakat. Liburan terasa begitu lengkap.

5. Tersedianya Tempat Pembibitan Tanaman Asli Garden City

Sambil menikmati suasana santai di taman ini, kamu juga belajar sejarah dari tempat tersebut. banyak dari tanaman disana yang ternyata berawal dari Botanic Gardens. Dulu ketika Perdana Menteri Lee Kuan Yew memulai kampanye penanaman pohon dan program Garden City di tahun 1960an, kawasan sekarang ini adalah Symphony Lake yang dulu menjadi tempat pembibitan tanaman.

Sampai saat ini memang diketahui bahwa Gardens masih tetap menjunjung misi untuk menjaga kota agar tetap bersih dan hijau. Terutama dengan adanya Bootany Centre yang diketahui sebagai institusi terkemuka di dunia bagi holtikultura tropis. Menarik, bukan?

6. Berkencan di Tempat Paktor Pertama di Singapura

Sepasang kekasih berjalan menyusuri Singapore Botanic Gardens tentu terdengar sangat romantis, bukan? Bagi mereka yang ingin berlibur bersama orang tersayang sepertinya tempat ini akan menjadi yang terfavorit. Tempat paktor atau dalam bahasa Hokkien disebut dengan tempat untuk kencan yang pertama di Singapore. Dulu di tahun 1950 dan 1960an, Botanic Gardens menjadi tempat pertemuan populer untuk keluarga yang berharap bisa menengahi sebuah perjodohan. Pada suatu waktu, sepasang kekasih merencanakan untuk bertemu secara rahasia di berbagai sudut dan celah taman.

Disini nanti kamu bisa melihat tempat-tempat yang indah seperti pohon Banyan Myanmar, Bandstand atau Swan Lake Gazebo. Dulunya Bandstand ini digunakan sebagai tempat pertunjukan band. Namun sekarang sudah terkenal sebagai lokasi pemotretan pernikahan. Kalau kamu mengajak si dia untuk melamarnya, tempat ini bisa menjadi begitu berkesan.

Singgah beberapa saat di Singapore Botanic Gardens ini tak akan membuatmu menyesal. Lokasi ini memang cocok untuk mereka yang ingin melepas penat, jenuh dan merasa butuh tempat yang tenang. Lingkungan dan suasananya memang begitu recommended untuk ketenangan.

Tak sedikit juga ternyata yang menggunakan taman ini untuk prewedding. Mereka juga bisa duduk santai sekadar piknik dan hunting foto. Ada banyak toko souvenir yang bisa kamu kunjungi untuk menemukan souvenir khas. Singapore Botanic Gardens ini juga memiliki Rainforest, Hutan Hujan Tropis yang luasnya satu hektar dengan nama Ginger Garden. Dilengkapi pula dengan sebuah Restaurant Italia yang ada air terjun buatan di dalamnya. Kamu juga bisa mengunjungi Jacob Ballas Children yang ada di ujung utara dan menjadi tempat yang lebih tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Langsung via WhatsApp!