Jika bicara soal liburan pasti setiap orang memiliki keinginannya masing-masing. Ada yang suka menghabiskan waktu liburan dengan mendaki gunung, ada yang suka berlibur ke pantai atau bahkan menghabiskan waktu dengan travelling. Apapun rencanamu untuk berlibur pastikan bahwa kamu tahu kemana tujuannya dan apa saja yang dibutuhkan. Terutama kalau kamu ingin berlibur ke luar negeri, ya! Bagaimana dengan Jepang? Negara kincir angin ini ternyata menawarkan banyak keindahan yang bisa kamu eksplor, lho!

Bukan hanya untuk wisata tetapi juga perilaku penduduk di Jepang memang begitu mengagumkan. Sebab, penduduk Jepang terkenal akan kedisiplinannya. Berlibur ke Jepang membuatmu memiliki kesempatan untuk tahu langsung bagaimana hal-hal unik yang tersaji. Nah, biar tak berat di kantong sebaiknya ikuti tips yang ada pada ulasan berikut agar liburanmu tetap hemat, ya!

Tips Liburan ke Jepang Tetap Hemat

1. Cek Harga Pesawat

Tidak hanya akan berangkat ke Jepang baru mencari harga terbaik. Ternyata cara hemat untuk berlibur adalah dengan mengecek harga tiket pesawat secara rutin. Apalagi seperti yang kita tahu bahwa harga pesawat memang bisa berubah sewaktu-waktu. Agar bisa meminimalkan biaya liburan ke Jepang, sebaiknya cek tiket pesawat secara online dan rutin. Ada banyak website yang menyediakan booking tiket pesawat.

Harga tiket PP ke Jepang biasanya akan dibanderol dengan kisaran harga 5 sampai dengan 9 juta rupiah. Tetapi sebaiknya tak perlu berkecil hati karena biasanya maskapai akan menawarkan diskon untuk penerbangan ke Jepang. Inilah manfaat kenapa sebaiknya cek harga tiket penerbangan secara rutin agar tahu jika ada promosi dari beberapa maskapai.

2. Berkunjung pada Saat Musim Dingin

Mau liburanmu makin berkesan? Kamu bisa berangkat saat musim dingin tiba. Mengapa? Ternyata negara Jepang memiliki empat musim seperti musim panas, dingin, semi dan gugur. Harga tiket pesawat dari tiap musim ternyata berbeda-beda. Kamu bisa mencari harga tiket pada saat musim dingin karena penurunan harganya cukup besar.

Entah alasan apa dibalik penurunan tiket pada musim dingin tetapi kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk berlibur. Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai macam keperluan terutama pakaian yang tepat agar tak kedinginan atau justru sakit saat sudah sampai di negara tujuan.

3. Menggunakan Transportasi Umum

Sudah memikirkan bagaimana transportasi selama berada di Jepang? Tips berikutnya adalah sebaiknya kamu menggunakan transportasi umum. Cara ini jelas akan membuat kita lebih hemat. Keberadaan transportasi umum di Jepang sangatlah disukai. Apalagi kamu bisa menjelajahi tiap kota yang eksotis dan indah. Kebanyakan turis akan memilih menggunakan bus untuk berpindah dari satu kota ke kota lain. Selain nyaman, harganya juga terjangkau.

Bepergian menggunakan bus malam di Jepang tetaplah aman, cepat dan juga terhindar dari macet. Kota yang jarak tempuhnya 15 km bisa dicapai dengan waktu hanya kurang dari 30 menit. Menyenangkan, bukan? Kamu bisa menghemat waktu juga jika menggunakan transportasi umum seperti ini.

4. Menggunakan Hostel untuk Penginapan

Hostel sebagai penginapan ternyata akan membuatmu irit pengeluaran selama liburan di Jepang. Hotel dan hostel memang mirip. Tetapi keduanya ternyata menawarkan fasilitas dan juga harga yang berbeda. Harga menginap di hostel ternyata jauh lebih murah jika dibandingkan dengan hotel bahkan perbedaan harganya bisa mencapai dua sampai tiga kali lipat.

Karena budget yang dibuat dirasa terbatas, menginap di hostel bisa menjadi pilihan terbaik karena biaya penginapannya juga jauh lebih murah. Biaya yang dibayarkan akan sangat terjangkau kalau kamu menyewanya dalam satu minggu sekaligus. Jangan lupa untuk mencari hostel di tempat yang strategis, ya!

5. Tidak Membawa Banyak Koper

Berlibur harusnya membuat kita merasa nyaman dan begitu rileks. Bukan malah membuat tubuh menjadi jauh lebih lelah. Seperti ketika kamu memutuskan membawa banyak koper. Yang harus disadari adalah koper yang terlalu banyak akan memakan banyak tempat juga. Tak hanya itu, kamu juga tak perlu membayar biaya tambahan hanya untuk menyimpan koper atau barang bawaanmu. Bawalah barang-barang yang memang pasti dibutuhkan seperti pakaian, handuk ataupun peralatan penting lainnya.

Sementara untuk peralatan seperti sabun mandi, pasta gigi dan juga shampo sebaiknya membeli di Jepang. Supermarket Jepang juga menyediakan banyak keperluanmu dengan harga terjangkau. Siapkan budget untuk membeli barang-barang sederhana ini di Jepang.

6. Menggunakan Kartu Kredit

Benarkah menggunakan kartu kredit justru menjadi cara yang hemat? Untuk memangkas biaya liburan, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit. Tetapi kartu kredit terbitan Indonesia ternyata tak bisa digunakan sembarangan atau suka-suka di Jepang. Kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu kartu kredit tersebut agar bisa digunakan di Jepang.

Cara untuk mengaktifkannya adalah hubungi bank penerbit kartu kreditmu. Perhatikan waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan seperti satu minggu sebelum tanggal keberangkatanmu. Cara ini memang tak banyak diketahui tetapi cukup mampu membuat kita menghemat pengeluaran untuk liburan. Tetaplah bijak dalam menggunakan kartu kredit, ya!

7. Membawa Oleh-Oleh Secukupnya

Memang salah satu yang paling ditunggu ketika berlibur ke Jepang adalah tentang berbelanja. Tetapi hal ini akan membuat kita makin bahagia. Berbelanja mencari oleh-oleh atau souvenir khas sebagai kenang-kenangan bahwa kita membelinya langsung dari Jepang. Sebaiknya kamu juga mencari tempt atau toko oleh-oleh yang popularitasya tak diragukan lagi.

Hal ini untuk menghindarkanmu dari harga mahal. Ingat bahwa sebaiknya kamu membeli oleh-oleh di tempat terpercaya. Jika tak hati-hati maka kamu bisa mendapat harga yang mahal dan membuat budget ternyata tak sesuai rencana. Pilihlah souvenir yang gampang dibawa dan tak menghabiskan banyak tempat.

8. Beli Voucher Makan

Tips berikutnya adalah kamu bisa memilih untuk membeli voucher makan. Selain tiket pesawat, kebutuhan makan juga ternyata lumayan menelan dana saat liburan tiba. Agar bisa mengakalinya, sebaiknya kamu menggunakan voucher makan selama berada di Jepang. Manfaatkan banyak menu makanan yang juga bisa dijual di minimarket dengan harga kisaran harganya sekitar 200 hingga 500 yen. Jika memang dirasa bosan karena makan itu-itu saja, kamu bisa membelinya menggunakan voucher yang harus diisi terlebih dahulu agar bisa menggunakan voucher tersebut.

9. Mengikuti Kunjungan Landmark Gratis

Ternyata tidak semua destinasi di Jepang itu jenis berbayar. Ada banyak landmark yang bisa secara gratis kamu kunjungi. misalnya saja seperti Sensjoi temple di Asakussa Tokyo. Kamu juga bisa foto di depan Glico di Dotonburi Osaka. Hal-hal sederhana ini ternyata bisa membuat liburan ke Jepang makin menyenangkan. Meski gratis, tetapi tentu cara ini akan begitu mengesankan pada masa liburanmu.

Pahami satu per satu bagaimana tips untuk liburan ke Jepang. Apalagi jika perjalanan ke luar negeri memang tak seperti yang ada di Indonesia. Berada di tempat asing dan begitu luas harus dieprsiapkan dengan baik. Terutama biar kantong atau dompetmu tidak jebol, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Langsung via WhatsApp!