Menjadi solo traveler tidaklah menyeramkan seperti yang dibayangkan. Justru bagi sebagian orang, solo traveler tentu sangat menyenangkan karena kita bisa puas untuk menjelajah tempat wisata seorang diri. Selain lebih hemat, tentu waktu yang kamu habiskan selama liburan nanti akan jadi lebih panjang. Apalagi kalau kamu ingin menjelajah Korea bersama dengan segala keindahannya. Kabarnya, di Korea ada beberapa kota besar yang konon sangat cocok untuk para solo traveler.

Korea yang terkenal dengan sebutan Negeri Ginseng ini ternyata menjadi salah satu negara indah yang sayang kalau dilewatkan. Bukan hanya dramanya saja yang menarik perhatian tetapi tempat-tempat wisata termasuk kota besar yang menjadi sorotan. Nah untuk menemukan manakah kota terbaik untuk dikunjungi, berikut ini rekomendasi yang bisa kamu simak.

Kota Besar yang Cocok untuk Solo Traveler Berlibur ke Korea

1. Seoul

Kota yang pertama paling populer adalah Seoul. Tepatnya berada di Korea Selatan, kota ini juga menjadi ibukota dari Korsel. Memiliki banyak suguhan wisata terutama sejarah dan juga budaya. Ada 5 istana kerajaan di Seoul yang mana dibangun pada ratusan tahun silam. Gyeongbuk-gung dan Deoksugung merupakan dua istana yang wajib untuk kamu kunjungi nanti. Kamu juga bisa melihat panorama Seoul dari ketinggian dengan mengunjungi Seoul Tower. Tidak hanya panorama kota tetapi juga ada Namsan Mountain yang menjulang tinggi dari kejauhan.

Di malam harinya, kamu bisa mengunjungi pasar malam Namdaemun yang letaknya berada persis di tengah kota Seoul. Kota ini memang menjadi salah satu kota terbaik terutama untuk berkuliner. Kamu bisa mencicipi toppoki yakni kue beras yang dimasak menggunakan kuah pedas. Kadang menu ini juga dilengkapi seafood di dalamnya. Ada juga haemul pajeon yang mirip martabak dan diisi dengan banyak sayur dan daging.

2. Jeonju

Nama kota yang terletak di Provinsi North Jeolla ini merupakan kota tempat melihat kebudayaan Korea. Mulai dari rumah tradisional, makanan, gedung bersejarah hingga festival kebudayaan. Kamu bisa naik kereta dengan waktu tempuh 2 sampai 3 jam dari kota Seoul. Sementara di pusata wisata kebudayaan Korea di Jeonju sendiri bisa dijelajahi hanya dengan berjalan kaki. Tempat penginapan disini tidak seperti yang berbentuk gedung hotel bertingkat melainkan rumah tradisional Korea yang disebut juga dengan Hanok.

Nantinya di sepanjang jalan di Jeonju Hanok Village ini kamu bisa menikmati beragam makanan unik dan juga pemandangan deretan gedung bersejarah. Korea sendiri terkenal dengan baju adatnya yang disebut Hanok dan kamu bisa menggunakannya dengan membayar 5000 won saja per jam. Ambil foto sesukamu disana.

3. Jeju

Ingat dengan nama pulau Jeju yang sering disebut di drama Korea? Pulau ini terletak di sebelah selatan semenanjung Korsel dan sekaligus pulau terbesar di Korsel. Keindahan pulau jeju memang tak bisa dielak. Ada banyak pantai yang indah dan juga wilayah pegunungan yang dingin disertai adanya taman bunga. Yang juga menjadi ciri khas dari pulau Jeju ini adalah pemandangan yang tebingnya juga indah. Biasanya, turis yang berusia 20 tahun bisa mengunjungi Jeju Loveland yang merupakan taman bertema erotis dengan patung-patung karya dari mahasiswa Hongik University di Seoul.

4. Busan

Busan merupakan kota terbesar kedua yang bisa kamu kunjungi setelah Seoul. Banyak para traveller yang menjadikan kota ini sebagai destinasi wisata. memiliki banyak suguhan wisata dan rasanya belum lengkap jika tidak ke Beomeosa Temple yang merupakan salah satu kuil termegah di Korea. Busan juga memiliki Gamcheon yakni desa warna-warni yang ada di pinggir laut. Karena kecantikannya ini, Gamcheon dijuluki sebagai Santorini of The East. Kamu bisa datang ke Busan Aquarium dan juga Jagalchi Fish Market. Ada banyak makanan laut segar yang patut dicoba.

5. Daejeon

Ibukota Provinsi South Chungcheong yang sekaligus kota terbesar kelima di Korsel yakni Daejeon menjadi destinasi berikutnya. Disini memang ada banyak universitas ternama dan berbagai tempat penelitian. Julukannya ialah IT’S Daejeon yang merupakan singkatan dari Interesting atau menarik, Tradition atau tradisi dan Culture atau budaya serta Science and Technology atau ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kamu bisa menggunakan transportasi kereta untuk pergi ke Daejeon dengan waktu 50 menit dari Seoul dan 100 menit dari Busan. Kunjungi beberapa tempat seperti Taman Yurim yang ada di depan Kantor Distrik Yuseong. Taman ini memang menampilkan kecantikan melalui harmonisasi bunga, pohon, paviliun dan juga danaunya.

6. Chuncheon

Berbeda dengan Chuncheon yang diketahui terkenal karena memiliki banyak resor ski. Chuncheon menjadi ibukota Provinsi Gangwon. Provinsi ini yang menjadi destinasi para seleb termasuk yang berasal dari Indonesia. Provinsi Gangwon memang terkenal akan resort ski dan juga pegunungan bersalju dengan destinasi alam seperti gunung Seoraksan, kuil Shinheungsa dan masih banyak lagi.

Ada sekitar 9 resort terkenal seperti Deamyung Vivaldi Park, 02 Resort dan Elysan Resort. Gangwon sendiri juga bisa menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018. Selain itu, ada juga beberapa festival yang bisa dikunjungi di Provinsi Gangwon seperti Hwacheon Sancheoneo, Jjokbae Water Festival dan Hwacheon Tomato Festival.

7. Daegu

Masih ingin menjelajah Korea? Yuk kunjungi Daegu! Masuk sebagai kota metropolitan terbesar ke 4 di Korsel yang mana kota ini juga dikenal sebagai kota dengan berbagai tujuan yang begitu romantis. Misalnya saja seperti E World 83 Towe yang menjadi bangunan tertinggi sekaligus simbol dari kota Daegu. Dari atas menara, wisatawan bisa menikmati seluruh pemandangan Daegu dengan ketinggian 202 meter.

Ada juga restoran berputar yang menjadi tempat sempurna untuk bisa menikmati panorama dengan hidangan di malam hari. Belum lagi, kamu bisa menikmati pemandangan Danau Suseong yang menghadap langsung ke Gunung Apsan. Daegu juga cocok sebagai wisata belanja seperti di Youngdo Velve Gallery, Dongseongro dan Seomun Night Market. Mengunjungi kota yang indah sekaligus berbelanja terdengar sangat menyenangkan, bukan?

8. Gyeongnam

Ada banyak destinasi menarik untuk dikunjungi di Gyeongnam. Khususnya ketika musim semi tiba, tempat ini seolah menjadi pusat penyelenggaraan festival Cherry Blossom yang digelar di setiap musim semi. Seperti Jinhae Gunhangje Festival. Kamu juga bisa melihat bukit angin yang begitu eksotis dan romantis. Belum lagi adanya benteng Jinjuseong yang ada di Provinsi Gyeongnam. Kompleks ini juga terlihat sangat cantik di malam hari karena pantulan cahaya yang berasal dari sungai Namgang di bawahnya. Saat memasuki musim gugur, kompleks ini juga menjadi tuan rumah festival cahaya yang paling terkenal di Korsel yakni Jinju Namgang Lantern Festival.

Masih banyak destinasi keren yang bisa kamu kunjungi saat menjadi solo traveller ke Korea. Lebih tepatnya Korea Selatan, butuh waktu cukup panjang untuk menikmati semua keindahan disana. Rencanakan dengan baik bagaimana liburanmu nanti, pastikan budget yang kamu susun emang mencukupi kebutuhan selama liburan. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Langsung via WhatsApp!